Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Israel Boikot Perundingan Gencatan Senjata, Mesir-Qatar Tekan Hamas

 

Para pejabat Mesir dan Qatar memberikan tekanan pada perunding Hamas di Kairo untuk membuat daftar sandera yang akan dibebaskan sebagai langkah pertama dalam perjanjian gencatan senjata bertahap dengan Israel.

Israel belum mengirim delegasi ke perundingan hari kedua di Kairo, menuntut Hamas menyajikan daftar 40 sandera lanjut usia, sakit, dan perempuan yang akan menjadi orang pertama yang dibebaskan sebagai bagian dari gencatan senjata yang awalnya akan berlangsung enam minggu, dimulai pada Ramadan..

Sementara itu, Hamas menuntut agar bantuan kemanusiaan dalam skala besar diizinkan masuk ke Gaza dan warga Palestina yang mengungsi dari rumah mereka di bagian utara jalur pantai harus diizinkan kembali.

Dilansir The Guardian, para pejabat AS mengatakan bahwa Israel "kurang lebih" telah menerima perjanjian gencatan senjata selama enam minggu, yang dikonfirmasi oleh John Kirby, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih. Kesepakatan itu akan mencakup gencatan senjata selama enam minggu dan dimulai dengan pembebasan sandera orang sakit, lanjut usia, dan perempuan.

Sumber-sumber diplomatik di Washington mengatakan tidak jelas apa yang menghentikan Hamas untuk membuat daftar yang mengidentifikasi 40 sandera pertama, dan mencatat bahwa ketidakpastian mengenai daftar dan identitas telah menghambat keberhasilan negosiasi sandera terakhir pada November.

Mereka berpendapat bahwa hal ini mungkin mencerminkan masalah komunikasi antara unit Hamas di dalam dan di luar Gaza, bahwa beberapa sandera mungkin disandera oleh kelompok lain termasuk Jihad Islam Palestina, atau bahwa elemen Hamas menyembunyikan informasi tersebut sebagai cara untuk menghalangi kesepakatan.

Washington tidak percaya ketidakhadiran delegasi Israel merupakan berita buruk bagi harapan gencatan senjata, karena perunding Israel bisa tiba dalam beberapa jam jika kesepakatan tercapai dalam daftar.

Mesir dan Qatar telah meyakinkan pemerintahan Joe Biden bahwa mereka memberikan tekanan pada perwakilan Hamas di Kairo untuk mengungkapkan identitas tuan rumah yang terlibat.

AS juga meningkatkan tekanan terhadap Israel untuk membuka jalur darat baru, serta koridor laut baru, untuk memungkinkan aliran bantuan kemanusiaan yang jauh lebih besar ke Gaza guna mencegah kelaparan yang telah diperingatkan oleh badan-badan PBB akan segera terjadi.

Wakil Presiden AS, Kamala Harris, mengatakan pada hari Minggu bahwa Israel harus "meningkatkan aliran bantuan secara signifikan."

Biden menggunakan bahasa serupa pada Senin, dengan mengatakan: "Bantuan yang mengalir ke Gaza tidak cukup - dan tidak cukup cepat." Berbeda dengan Harris, dia tidak menyebut Israel sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved