Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pembangunan Bandara VVIP IKN Dimulai, Kapan Mulai Layani Penerbangan?

 Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam acara peletakan baru pertama atau groundbreaking pembangunan Bandara VVIP IKN di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Pembangunan Bandara Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara resmi dimulai dengan ditandai peletakan baru pertama atau groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Presiden didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Bandara IKN terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ini merupakan bandara khusus, untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di ibu kota Nusantara. Bandara ini berjarak 23 kilometer dari titik 0 IKN dan 120 kilometer dari Balikpapan.

“Kehadiran bandara ini sangat penting untuk mengantisipasi semakin padatnya kegiatan di IKN. Serta semakin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN,” ujar Jokowi dalam sambutannya dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 1 Oktober 2023.

Menurut Jokowi, bandara ini akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik, dan mudah dijangkau dari mana pun. Kepala negara meyakini Bandara IKN akan meningkatkan daya saing IKN, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah. “Serta mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses," kata Jokowi.

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan pembangunan infrastruktur transportasi di Kabupaten Penajam Paser Utara ini, merupakan komitmen pemerintah. Khususnya mewujudkan pemerataan pembangunan melalui paradigma Indonesia Sentris.

"Pembangunan bandara ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah Kalimantan Timur," ucap Budi Karya.

Secara umum luas seluruh area bandara IKN adalah 347 hektare dengan Runway 3.000 x 45 meter, Taxiway A (180 x 30 meter) dan B (180 x 30 meter) dan Apron 102.150 meter persegi. Serta luas terminal VVIP dan VIP sebesar 7.352 meter persegi.

Bandara ini ditargetkan dapat melayani minimal operasi penerbangan pada Juli 2024 dan melayani operasi penuh penerbangan pada Desember 2024. "Nantinya pesawat terbesar yang akan dilayani bandara ini adalah Boeing 777-300ER dan Airbus A380," tutur Budi Karya.

Pembangunan dilaksanakan dengan kontrak tahun jamak dimulai dari Tahun Anggaran 2023-2024. Pembangunan Fasilitas Sisi Darat dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan sedangkan Pembangunan Fasilitas Sisi Udara dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan. Namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan.

Sumber Berita / Artikel Asli : tempo

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved