Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Belanda Diam-diam Rajin Investasi di RI, Segini Nilainya

 Pertemuan Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Dok. Astro Bonardo - Ministerie van Buitenlandse Zaken)

Belanda menjadi investor RI terbesar dari Eropa yang memberikan kontribusi lebih dari US$15,5 miliar (Rp245,62 triliun) sejak tahun 2013. Peningkatan rata-rata tahunan investasi Belanda sebesar 15,8%.


Melihat hal ini, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengundang Belanda untuk menjajaki peluang yang lebih luas termasuk investasi ramah lingkungan. Menlu Retno Marsudi dalam keterangan resminya berharap RI dapat memperkuat kerja sama dengan Belanda untuk mengembangkan ekosistem industri semikonduktor di Indonesia.

"Indonesia juga mengapresiasi komitmen Belanda dalam mendukung transisi energi, mendorong keberlanjutan di Indonesia, dan memperkuat kolaborasi dalam pengembangan pelabuhan berkelanjutan, pembuatan kapal berkelanjutan, serta energi surya dan pembangkit listrik tenaga angin," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (2/11/2023).

Dalam kunjungan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Belanda Hanke Bruins Slot, Selasa (31/10/2023), terungkap bahwa Belanda akan memberikan hibah 105 juta euro (sekitar Rp 1,7 trilliun) ke pemerintah RI. Hibah investasi itu diusulkan sebagai bagian dari program kerja sama sebesar 300 juta euro melalui Invest International. Ini merupakan mekanisme pendanaan pemerintah Belanda.

"Program ini juga dapat mencakup pinjaman Belanda dan akan mendukung inisiatif publik yang berkelanjutan dan inklusif di sektor-sektor dimana keahlian Belanda relevan," kata Slot dalam pidatonya, dikutip Kamis (2/11/2023).

"Misalnya saja di bidang iklim dan energi, pertanian dan pangan, kesehatan, air dan infrastruktur," tambahnya.

"Terlebih lagi, demi masa depan yang hijau dan berkelanjutan, kita harus bersama-sama mengatasi deforestasi," tegasnya.

Ia pun menyinggung soal minyak sawit RI. Dikatakannya negerinya termasuk salah satu importir terbesar Uni Eropa (UE).

"Kami berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Indonesia untuk menjadikan sektor kelapa sawit lebih berkelanjutan," tambahnya.

Di Indonesia, Slot sebelumnya bertemu dengan Menlu Retno Marsudi. Ia juga sempat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan BSSN terkait peningkatan kerja sama di bidang dunia maya.

Sumber Berita / Artikel Asli : cnbc

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved