Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Erick Thohir Ungkap Justin Hubner Selangkah Lagi Jadi WNI

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan proses naturalisasi pemain Wolves Justin Hubner untuk menjadi WNI sudah memasuki tahap akhir.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan proses naturalisasi pemain Wolves Justin Hubner untuk menjadi WNI sudah memasuki tahap akhir. Kini naturalisasi Hubner tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) Joko Widodo dan pengambilan sumpah menjadi WNI.

"Setelah pembicaraan lebih lanjut, proses naturalisasi salah satu pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, Justin Quincy Hubner, sudah masuk tahap akhir," kata Erick Thohir dikutip dari Instagram pribadinya pada Jumat (3/11) malam.

"Selanjutnya tinggal menunggu keputusan presiden dan pengambilan sumpah kewarganegaraan Republik Indonesia," kata Erick menambahkan.

"Semoga semua tahapan akan berjalan dengan lancar demi memajukan sepak bola tanah air," kata Erick.

Justin Hubner merupakan pemain kelahiran Belanda, 14 September 2003. Pemain berposisi bek tengah ini awalnya diminati Shin Tae Yong untuk menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Karenanya ia dipanggil PSSI ke Indonesia.

Sebelum datang ke Indonesia, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyambangi keluarga Hubner di Belanda. Indra Sjafri menyampaikan niat PSSI untuk naturalisasi Hubner dan kemudian berkesempatan tampil bersama Timnas Indonesia.

Gayung bersambut. Keluarga Hubner merestui sang buah hati berpindah kewarganegaraan dan Hubner sendiri tidak keberatan. Dari pertemuan itu dipastikan pula bahwa Hubner benar-benar memiliki darah keturunan Indonesia.

Disebutkan Hubner memiliki darah Indonesia dari sang ayah, sedangkan ibunya warga asli Belanda. Dari sumber yang dihimpun CNNIndonesia.com ayah Hubner berasal dari Jakarta yang kini telah menetap di Belanda.

Kemudian Komisi X DPR menyetujui rekomendasi tiga pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick jelang Piala Dunia U-20 2023. Keputusan itu diambil Komisi X dan Komisi III DPR dalam Rapat Kerja dengan Plt Menpora Muhadjir Effendy dan PSSI pada 20 Maret 2023.

Kemudian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju memberikan Kewarganegaraan Republik Indonesia atau naturalisasi kepada Justin Quincy Hubner, Ivan Jenner, dan Rafael William Struick pada 21 Maret 2023. Persetujuan diambil dalam sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023.

Setelah dari DPR, proses naturalisasi Walsh dan Amat berlanjut ke Sekretariat Presiden untuk diterbitkan Keputusan Presiden sebelum dilakukan pengambilan sumpah kewarganegaraan.

Namun, komitmen Hubner sempat sedikit dipertanyakan setelah sang pemain memenuhi panggilan pemusatan latihan (TC) timnas Belanda U-20 jelang uji coba melawan Prancis di Spanyol pada 25 Maret. Meski demikian, saat itu Hubner dikabarkan masih berminat menjadi WNI.

Namun proses naturalisasi menjadi mandek seiring keputusan FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

FIFA membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 2023 seiring penolakan yang datang terkait partisipasi Israel.

Tapi kini Erick Thohir kembali memastikan Justin Hubner segera bakal menjadi WNI.

Sumber Berita / Artikel Asli : cnn 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved