Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pemadaman Listrik Ganggu Perekonomian Sulsel, Efek PLTA Mendominasi

 

Sulawesi menjadi lumbung energi bersih. Sebanyak 34 persen setrum yang dialirkan ke pelanggan, bersumber dari energi baru dan terbarukan (EBT).

Pada 2030, energi hijau akan menyumbang 51 persen kapasitas setrum Sulawesi. Bahkan dalam studi terbarunya, Institute for Essential Services Reform (IESR) menjagokan Sulawesi akan menjadi kandidat juara nasional sistem kelistrikan dari energi terbarukan.

Sistem kelistrikan Jawa-Bali hanya 32,6 persen di tahun yang sama. Begitupun sistem kelistrikan di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan, suplai setrum dari energi terbarukan masing-masing sebesar 35 persen.

Sumber energi terbarukan dari Sulawesi berasal dari PLTA Poso, PLTA Bakaru, PLTA Malea, dan PLTA Bili-bili yang menyumbang setrum sebanyak 525 Megawatt (MW) ke sistem kelistrikan Sulawesi.

Kemudian pada 2018, ekspansi energi terbarukan Sulawesi makin massif. PLN panen setrum dari kebun angin di PLTB Sidrap sebanyak 70 MW dan PLTB Tolo Jeneponto dengan kapasitas 60 MW.

Terbaru, ada pasokan setrum dari PLTS di Kabupaten Selayar sebesar 25 MW. Termasuk PLTS di Pulau Kodingareng, Tanakeke, dan Lae-lae. Kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di pulau sangat spesial. Warga menyambut gembira.

Namun banyaknya PLTA justru menimbulkan masalah baru. Jika kemarau tiba, debit air menurun drastis. Hal itu membuat kemampuan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) turun sekitar 75 persen. Akibatnya, pemadaman bergilir makin sering terjadi.

"Jika begini (listrik padam,red) terus, kita rugi besar," ujar Sulastri, pedagang makanan beku, Senin, 23 Oktober 2023.

Dia mengemukakan, pemadaman bergilir sangat berdampak terhadap usahanya. Sebab durasi pemadaman listrik sangat lama. Hal itu membuatnya rugi besar sehingga dia butuh solusi. "Kami tidak tahu sampai kapan begini,
kasian pedagang. Rugi terus," protesnya.

Hal sama diungkapkan Akbar, dia terpaksa kehilangan pendapatan lantaran krisis listrik. Jika listrik mati terlalu lama, itu berpengaruh ke usaha minuman dingin dan penjualan es kristal.

"Es pasti mencair, kita rugi besar sebenarnya. Semoga ada solusinya," harapnya.

Ekonom Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Marsuki mengemukakan, jika pemadaman terus terjadi, dampak buruknya ke perekonomian. Menurut Prof Marsuki, pemadaman listrik akan menganggu investasi Sulsel.

"Persoalan energi sebenarnya menjadi persoalan bersama dunia yang harus diatasi," tuturnya, kemarin.

Menurutnya, peralihan ke energi baru terbarukan dianggap dapat meningkatkan ketahanan energi suatu negara, termasuk Indonesia dan Sulsel khususnya. Oleh karena itu, kebijakan optimalisasi penggunaan energi baru terbarukan merupakan sebuah keniscayaan tidak bisa dihindari.

"Sumber energi terbarukan antara lain panas bumi, angin, bioenergi, sinar matahari, aliran dan terjunan air, serta gerakan dan perbedaan suhu lapisan laut," sebutnya.

Komisaris independen Bank Sulselbar itu menyebutkan, diperlukan usaha lebih keras untuk meningkatkan kapasitas terpasang energi lisitrik dari bauran energi baru dan terbarukan. Utamanya sumber energi lain selain PLTA, agar nantinya prospek dan peluang investasi di Sulsel dapat lebih besar dan optimal mendorong pembangunan.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar Ahmad Amirul Syarif, mengemukakan sebanyak 33 persen pembangkit listrik di Sulawesi bagian selatan berasal dari PLTA. Jika debit air berkurang, tentu sangat berpengaruh ke operasional pembangkit.

"Kemampuan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) turun sekitar 75 persen," tutur Ahmad melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Ahmad mengemukakan, berbagai upaya telah dilakukan PLN agar PLTA kembali beroperasi normal. PLN telah melakukan modifikasi cuaca di daerah aliran sungai lokasi pembangkit listrik tenaga air.

"Ini sudah membuahkan hasil, hujan sudah turun di beberapa lokasi PLTA. Semoga debit air terus bertambah," harapnya.Menurutnya, di tengah gangguan el nino, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik.

"Ratusan petugas bergantian 24 jam untuk memastikan pasokan listrik terus berlangsung," sebutnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : fajar

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - GentaPos.com | All Right Reserved